Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar

Yogyakarta. Angka Partisipasi Sekolah (APS) adalah perbandingan antara jumlah murid kelompok usia sekolah tertentu yang bersekolah pada berbagai jenjang pendidikan dengan penduduk kelompok usia sekolah yang sesuai dan dinyatakan dalam persentase. Makin tinggi APS berarti makin banyak usia sekolah yang bersekolah di suatu daerah.

Kabupaten Sukoharjo berhasil Tingkatkan APS dan pengelolaan PIP (Program Indonesia Pintar) menerima penghargaan Anugerah Merdeka Belajar dari Mendikbudristek tahun 2023 yang diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Gedung Trimurti, kompleks Ramayana Ballet, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, Senin (29/5/2023).

Kadisdikbud Kabupaten Sukoharjo, Heru Indarjo, menjelaskan bahwa   pemerintah daerah telah berhasil mendorong upaya pengelolaan optimalisasi angka partisipasi sekolah yang meningkat pada tahun 2022.

“Peningkatan APS (Angka Partisipasi Sekolah) ini merupakan kerja bersama jajaran Disdikbud Kabupaten Sukoharjo dalam mengawal pencapaian SPM (Standar Pelayanan Minimal) APS 5-6, 7-15 dan 7-18 tahun usia sekolah yang bersekolah di satuan pendidikan”. jelasnya.

Pencapaian APS ini sedikit banyaknya didukung dari pengelolaan PIP yang baik selama tahun 2022 lalu. “Tercatat proses pemanfaatan aplikasi SIPintar oleh dinas pendidikan serta peserta didik pada angka 81%, Pengelolaan PIP menunjukan 71% kualitas layanan dan capaian target yang telah ditetapkan, hingga pelaporan PIP menunjukan 82% kesesuaian dan ketepatan waktu prosesnya”. Jelasnya lagi.

Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kemendikbudristek tahun 2023 yang diraih oleh Kabupaten Sukoharjo ini pada Kategori Program Indonesia Pintar (Pemda Transformatif-Kabupaten/Kota)
Penerima penghargaan Program Indonesia Pintar adalah pemerintah daerah yang telah
meningkatkan akses dengan memberikan bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6 tahun s.d 18 tahun) yang berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin yang termasuk Pemilik Kartu Keluarga Sejahtera.

source : bbpmpjateng

Share :