Tugas Dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sukoharjo Nomor 50 Tahun 2016 tentang tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Sukoharjo sebagai berikut :

Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana dimaksud dalam dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah. Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai fungsi:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata;
  2. pelaksanaan kebijakan di bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan ursuan pemerintahan di bidang pendidikan, kebudayaan dan pariwisata;
  4. pelaksanaan administrasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
  5. pengendalian penyelenggaraan tugas UPTD; dan
  6. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

SEKRETARIAT

  • Sekretariat sebagaimana dimaksud dalam adalah unsur pembantu pimpinan, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi keuangan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, pembinaan ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, kepegawaian, pengelolaan dan penatausahaan aset, tugas pembantuan  dan pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Untuk melaksanakan tugas Sekretariat mempunyai fungsi:
    1. pengoordinasian penyusunan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
    2. pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi keuangan, hukum, hubungan masyarakat, ketatausahaan, kearsipan, kerumahtanggaan, dan pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
    3. pengoordinasian, pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
    4. pengoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan serta pelaksanaan advokasi hukum di lingkungan DinasPendidikan dan Kebudayaan;
    5. pengoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
    6. penyelenggaraan dan penatausahaan aset  dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
    7. pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
    8. pengelolaan kepegawaian di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan;
    9. penyusunan bahan pelaksanaan urusan tugas pembantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan yang meliputi usul kenaikan pangkat dan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan serta pendataan pendidikan menengah dan pendidikan khusus, fasilitasi pelaksanaan akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, dan pendidikan non formal, fasilitasi pelaksanaan kegiatan kesiswaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus serta tugas-tugas pembantuan lainnya; dan
    10. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan fungsinya.

 

Subbagian Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan di bidang perencanaan, data, informasi, dan program kerja di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Subbagian Keuangan oleh seorang Kepala Subbagian yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan di bidang  pengelolaan keuangan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Subbagian Umum,  Kepegawaian dan Penyelenggaraan Tugas Pembantuan dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi pembinaan ketatausahaan, hukum, kehumasan, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, kearsipan, kepegawaian, pengelolaan dan penatausahaan aset dan pelayanan administrasi, serta penyelenggaraan tugas pembantuan.

 

BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NONFORMAL

 

  • Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal dipimpin oleh seorang Kepala Bidangyang mempunyai tugas melaksanakan konsep perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi pengelolaan, penetapan kurikulum muatan lokal pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal, dan penerbitan izin pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal yang diselenggarakan masyarakat.
  • Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal mempunyai fungsi:
  1. penyusunan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan dibidang kurikulum  dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal;
  2. pelaksanaan kebijakan dikurikulum  dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal;
  3. penyusunan bahan penerbitan ijin pendirian, penataan, dan penutupan satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal;
  4. penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal;
  5. penyusunan bahan pembinaan kurikulum  dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didikdan  pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal;
  6. pelaksanaan pemantauan dan evalusai dibidang kurikulum  dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan  pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal;
  7. pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didikdan pembangunan karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan pendidikan nonformal; dan
  8. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan fungsinya.

Seksi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal  dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penetapan kurikulum muatan lokal, uji kompetensi dan penilaian, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal;

Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal dipimpin oleh seorang Kepala Seksiyang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi kelembagaan, sarana, dan prasarana pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal, dan penerbitan izin pendirian, penataan, penutupan, akreditasi, data pokok pendidikan, pembinaan pendidik dan organisasi dan penyaluran bantuan kelembagaan dan penilaian kinerja satuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal.

Seksi Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal dipimpin oleh seorang Kepala Seksi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi pembinaan minat bakat, prestasi, dan pembangunan karekter Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

BIDANG PEMBINAAN SEKOLAH DASAR

 

  • Bidang Pembinaan Sekolah Dasar berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Bidang Pembinaan Sekolah Dasar dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi pengelolaan, penetapan kurikulum muatan lokal Sekolah Dasar dan penerbitan izin pendidikan Sekolah Dasar yang diselenggarakan masyarakat.
  • Untuk melaksanakan tugas Bidang Pembinaan Sekolah Dasar mempunyai fungsi:
    1. perumusan petunjuk teknis kegiatan dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter peserta  pendidikan Sekolah Dasar;
    2. pengoordinasian pelaksanaan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter peserta  pendidikan Sekolah Dasar;
    3. pembinaan dan penyelenggaraan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter peserta  pendidikan Sekolah Dasar;
    4. penyusunan bahan penerbitan ijin pendirian, penataan, dan penutupan satuan pendidikan Sekolah Dasar;
    5. penyusunan bahan penetapan kurikulum muatan lokal pendidikan Sekolah Dasar;
    6. penyusunan bahan pembinaan kurikulum  dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didikdan  pembangunan karakter pendidikan Sekolah Dasar;
    7. pelaksanaan pemantauan dan evalusai dibidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan  pembangunan karakter pendidikan Sekolah Dasar;
    8. pelaporan di bidang kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter pendidikan Sekolah Dasar;
    9. pembinaan peserta didik dan pelaksanaan lomba akademik dan non akademik pendidikan Sekolah Dasar;
    10. pengoordinasian bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar; dan
    11. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan fungsinya.

 

Seksi Kurikulum  Sekolah Dasar Bidang Pembinaan Sekolah Dasar dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penetapan,  pelaksanaan dan penilaian kurikulum muatan lokal Sekolah Dasar.

Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Sekolah Dasar dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi kelembagaan, sarana dan prasarana, penerbitan izin pendirian, penataan, penutupan, akreditasi, data pokok pendidikan, dan penilaian kinerja satuan pendidikan Sekolah Dasar.

Seksi Peserta Didik Sekolah Dasar dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penerimaan peserta didik baru, pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter peserta didik, lomba akademik dan non akademik peserta didik Sekolah Dasar.

BIDANG PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

 

  • Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi pengelolaan, penetapan kurikulum muatan lokal Sekolah Menengah Pertama dan penerbitan izin pendidikan Sekolah Menengah Pertama yang diselenggarakan masyarakat.

 

(3) Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama mempunyai fungsi:

  1. perumusan petunjuk teknis kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter peserta  pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  2. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter peserta  pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  3. pembinaan dan penyelenggaraan kegiatan di Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama;
  4. pemantauan dan pengendalian kegiatan kurikulum dan penilaian, kelembagaan dan sarana prasarana serta peserta didik dan pembangunan karakter peserta  pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  5. pembinaan peserta didik dan pelaksanaan lomba akademik dan non akademik pendidikan Sekolah Menengah Pertama;
  6. pengoordinasian pelaksanaan akreditasi Sekolah Menengah Pertama;
  7. pengoordinasian bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan Sekolah Menengah Pertama; dan
  8. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan fungsinya.

 

Seksi Kurikulum  Sekolah Menengah Pertama dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penetapan kurikulum muatan lokal, pembinaan, pemantauan dan evaluasi, pelaksanaan kurikulum dan penilaian, dan mengkoordinasikan pelaksanaan ujian nasional Sekolah Menengah Pertama.

 

Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Sekolah Menengah Pertama dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi kelembagaan dan sarana prasarana dan penerbitan izin pendirian, penataan,  penutupan, akreditasi, data pokok pendidikan, dan penilaian kinerja satuan Sekolah Menengah Pertama.

 

Seksi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penerimaan peserta didik baru, pembinaan minat, bakat, prestasi dan pembangunan karakter, pembinaan lomba akademik dan non akademik peserta didik Sekolah Menengah Pertama.

BIDANG PEMBINAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

 

(1) Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

(2) Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi perencanaan kebutuhan pendidik, fasilitasi proses pengangkatan dan penempatan, Pemindahan dan pemberhentian, peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan, pembinaan dan pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

(3) Untuk melaksanakan tugas, Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan  mempunyai fungsi:

  1. perumusan petunjuk teknis kegiatan di bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  2. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan di bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
  3. pemantuan dan pengendalian kegiatan di bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan; dan
  4. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan fungsinya.

 

Seksi Pembinaan Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (3) huruf d angka 1 dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi perencanaan kebutuhan pendidik, fasilitasi proses pengangkatan dan penempatan, Pemindahan dan pemberhentian, peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan, pembinaan dan pengembangan pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

 

Seksi Pembinaan Pendidik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi perencanaan kebutuhan pendidik, fasilitasi proses pengangkatan dan penempatan, Pemindahan dan pemberhentian, peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan, pembinaan dan pengembangan pendidik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

 

Seksi Pembinaan Tenaga Kependidikan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi perencanaan kebutuhan tenaga kependidikan, fasilitasi proses pengangkatan dan penempatan, Pemindahan dan pemberhentian, peningkatan kesejahteraan, penghargaan dan perlindungan, pembinaan dan pengembangan tenaga kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan nonformal dan pendidikan dasar.

 

BIDANG KEBUDAYAAN

 

  • Bidang Kebudayaan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Bidang Kebudayaan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas perumusan konsep dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi pengelolaan kebudayaan, pelestarian tradisi, pembinaan lembaga adat, pembinaan kesenian tradisional, dan pembinaan sejarah lokal.

(2) Untuk melaksanakan tugas, Bidang Kebudayaan  mempunyai fungsi:

  1. perumusan petunjuk teknis kegiatan dibidang seni budaya, sejarah dan kepurbakalaan dan pariwisata;
  2. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan di bidang seni budaya, sejarah dan kepurbakalaan dan pariwisata;
  3. perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan dan pariwisata;
  4. pemantuan dan pengendalian kegiatan di bidang seni budaya, sejarah dan kepurbakalaan dan pariwisata; dan
  5. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan fungsinya.

 

Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang  mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penulisan sejarah lokal dan kebudayaan daerah, pemahaman sejarah nasional, wilayah, dan lokal, sejarah kebudayaan lokal, inventarisasi dan dokumentasi sumber sejarah dan publikasi sejarah, pemberian penghargaan tokoh yang berjasa terhadap pengembangan sejarah, pemahaman sejarah dan wawasan kebangsaan, pedoman nilai-nilai sejarah dan kepahlawanan, penyebarluasan informasi sejarah lokal, seminar sejarah lokal, registrasi dan perlindungan cagar budaya.

 

Seksi Seni dan Budaya dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang yang mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi seni dan budaya, perumusan rencana induk pengembangan kebudayaan, perlindungan Hak kekayaan intelektual bidang kebudayaan, kriteria sistem pemberian penghargaan/anugerah bagi insan/lembaga yang berjasa di bidang kebudayaan, kerja sama luar negeri di bidang kebudayaan skala kabupaten, penanaman nilai-nilai tradisi, pembinaan karakter dan pekerti bangsa, pembinaan lembaga Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan lembaga adat, dan melaksanakan penyelenggaran perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan skala kabupaten.

 

Seksi Pariwisata dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang penyiapan bahan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi serta pelaporan yang meliputi penetapan rencana induk pengembangan pariwisata kabupaten, pedoman partisipasi dan penyelenggaraan pameran/event pariwisata dan penyelenggaraan widya wisata, penerapan standarisasi bidang pariwisata skala kabupaten, peningkatan dan mengembangkan sumber daya manusia pariwisata skala daerah dan penelitian dan pengembangan pariwisata skala daerah.

 

Unit Pelaksana Teknis Dinas

 

Unit Pelaksanaan Teknis Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kecamatan selanjutnya disebut UPTD Pendidikan Kecamatan dipimpin oleh seorang Kepala UPTD yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan di Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sukoharjo

 

Kelompok Jabatan Fungsional

 

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan sesuai keahlian atau ketrampilannya dan beban kerja.